Sunday, July 21, 2019

Resep Masakan Rujak Serut Yang Enak dan Menggoyang Lidah

RESEP RUJAK SERUT - Ada lagi nih resep masakan terbaru untuk anda, kali ini kita akan mencoba mengolah salah makanan khas tradisional yang sering kita jumpai yaitu, Rujak. Tapi, Rujak yang akan kita buat hari ini menggunakan resep yang berbeda dan tentunya dengan nama yang berbeda yaitu, Resep Rujak Serut.

Buat anda yang lagi ngidam rujak, dan ingin sekali mencicipi masakan yang satu ini, tidak ada salah jika anda mencoba membuatnya sendiri dirumah. Cara pembuatannya juga terbilang cukup mudah dan praktis, anda hanya perlu menyiapkan bahan yang dibutuhkan. Setelah itu, resep masakan rujak serut sudah bisa anda buat sendiri dirumah.

Cara Membuat Resep Masakan Rujak Serut Rumahan Yang Praktis dan Lengkap

Rujak adalah makanan tradisional yang biasanya terbuat dari campuran berbagai macam sayuran atau buah, lalu dibubuhi bumbu atau kuah yang dicampuri cabe. Rujak sangat mudah ditemukan di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Adapun rujak terbagi menjadi berbagai macam jenis dan variasi, antara lain: Rujak cingur, Rujak gobet, Rujak manis, Rujak petis, Rujak soto, Rujak tahu dan rujak jenis lainnya.

Jika anda ingin mencoba mengolah resep rujak serut, silahkan praktekkan tips dan trik yang sudah kami sediakan dibawah ini.

Berikut adalah tips mengolah resep masakan sederhana rujak serut yang bisa anda coba dirumah

.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat resep rujak serut adalah:

  • 1 buah mangga
  • 1 buah ubi jalar
  • 5 buah mentimun
  • 1/2 buah nanas



Bumbu halus rujak serut adalah sebagai berikut:

  • 5 buah cabai merah tanjung (rebus)
  • 3 buah cabai rawit merah ( rebus )
  • 2 keping terasi bakar
  • 2 sdt garam



Bahan Lain :

  • 200 gr gula pasir
  • 500 ml air
  • cuka masak ( jika suka )



Cara Membuat Rujak Serut :

1. Satukan gula dan air kedalam panci, masak sambil terus diaduk hingga mendidih. Matikan api, biarkan dingin. Sementara itu di panci lain rebus pula cabai sampai layu, sisihkan terlebih dahulu.
2. Sementara menunggu air gula dingin, siapkan semua bahan rujak. Kupas, cuci, dan serut atau potong-potong kecil seperti korek api. Setelah semua diserut letakkan di wadah saringan agar airnya turun, lalu masukkan ke wadah / baskom / panci.
3. Siapkan bumbu halus rujak, ulek kasar lalu masukkan ke dalam air gula yang sudah dingin, lalu satukan air rujak dengan bahan rujak yang sudah diserut tadi,
4. Terakhir tambahkan cuka masakan jika suka, koreksi rasanya. Diamkan selama semalaman di kulkas agar rujak lebih berair dan warna merahnya lebih keluar.

Gimana, Gampangkan moms? Kalau sudah begitu bunda tinggal menikmati deh hasil masakannya bersama keluarga tercinta. Hehehe




Itulah tips yang dapat kami share hari ini tentang Resep Rujak Serut. Semoga resep yang kami bagikan hari bermanfaat, serta memberikan banyak inspirasi masakan buat anda semua.

SELAMAT MENCOBA

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home